compiled by Husnun Naim
ABSTRAK:
Rendahnya kemampuan
siswa pada mata kuliah writing jurusan pendidikan bahasa dan seni
mengispirasikan penulis mengadakan penelitian ini.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
melihat keefektifan Chain Card Game
dalam meningkatkan kemampuan siswa membuat kalimat
sederhana. Sebagai sample penelitian ini
adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah
writing berjumlah 27 orang. Hasil observasi pada siklus I berkisar
(42,95%) dan skor hasil test siswa berkisar (62,30). Hasil
ini belum memenuhi kriteria yang ditetapkan
untuk ketuntasan siswa yaitu 70. Sehingga
diadakan tindakan ke dua (II) dengan melanjutkan
pengajaran dengan menggunakan permainan kartu berantai. Disamping
itu mahasiswa juga diberi kesempatan latihan membuat kalimat di dalam dan di
luar kelas. Setelah diadalan tindakan pada siklus ke II berdasarkan observasi
dan tes yang dilakukan ternyata kemampuan siswa meningkat
menjadi (77, 22%) dan skor hasil test
menjadi 72. Hasil penelitian ini memperlihatkan
bahwa hasil yang telah dicapai siswa
melebihi kriteria yang ditentukan. Dengan
demikian permainan kartu berantai (Chain
Card Game) telah dapat meningkatkan prestsi
siswa dalam membuat kalimat yang terdapat pada mata kuliah writing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar