contoh soal seleksi guru berprestasi
dan penyelesaian
CONTOH SOAL TESGURU BERPRESTASI
1. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan
Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu
yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi
(ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang
mencakup peran dibawah ini, kecuali …..
a. ICT Sebagai Substansi Pendidikan
b. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan
c. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi
Pendidikan
d. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan
Infrastruktur Pendidikan
e. Pengembangan bakat dan daya kreatifitas siswa
E
2. Pemanfaatan fasilitas internet dalam
pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan
lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka
dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas
ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain
itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang
diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu
disebut dengan….
a.
Teleconverence
c. Website
e. Browsing
b. Email
d. Chatting
3. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan
disebut kegiatan…………..
a. Elaborasi
c. Konfirmasi
e. Contextual teaching learning
b. Eksplorasi
d. Browsing
4. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam
komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ……..
a. Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap
keberhasilan peserta didik.
b. Menfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta
didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
e. Memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik
dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara
siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ….
a. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan
kepada peserta didik untuk merespon; 2. penyiapan kondisi psilogis
peserta didik 3.respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap
respons peserta didik.
b. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2.
penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas
sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik
untuk merespons;
c. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan
kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons;
3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis
peserta didik
d. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan
kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons;
3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis
peserta didik.
e. 1. penyiapan kondisi psilogis peserta didik,
2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 3. respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap
respons peserta didik.
6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan
agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada….
a. Metode
pembelajaran c.
Strategi pembelajaran e. Kemampuan belajar
b. Pendekatan pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
7. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor
di bawah ini ….
a. Intake Siswa
c. Sarana pendukung d.
Bakat dan Minat siswa
b. Tingkat
kesulitan e.
Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
8. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur,
sikap
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
e. konsep, definisi, aksioma, prosedur,
c. fakta, konsep, prinsip, definisi,
prosedur
fungsi
9. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada
rumusan….
a. kompetensi dasar
c. indikator
e. sumber belajar
b. standar kompetensi
d. metode
pembelajaran
10. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang
menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1. potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran,
relevansi dengan karakteristik daerah
2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional,
social dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan,
aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5. relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan
lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia Dalam mengidentifikasi materi
pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan antara 2.3. lain nomor….
a. 1, 2, 3,
4 b.
2, 3, 5, 6 c. 1, 2, 3,
5 d. 1, 2, 4,
5 e. 3, 4, 5, 6
11. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian
belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat
dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
e. mengadakan tes remidi
12. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan
belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
b. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang
lebih tingi
c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam
dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
e. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
penerbit yang berbeda
13. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu
memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan
pengayaan
b. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa
hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c. Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program
perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian
d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program
perbaikan dan pengayaan
e. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
14. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik
melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
a. mengukur ketuntasan peserta didik
b. mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. mengukur hal-hal yang belum
dipahami peserta didik
d. menentukan langkah-langkah pertemuan
berikutnya
e. mengetahui materi yang belum terbahas
dalam proses pembelajaran
15. Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
a. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b. Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
c. Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
d. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e. Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
16. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru
dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah
psikomotor guru menggunakan….
a. soal pilihan ganda
c. soal uraian objektif e.
tes performance
b. soal jawaban
singkat
d. kriteria
17. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta
didik
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan
ulangan akhir semester tiap peserta didik
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing
peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta
didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik
dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes
remidi
e. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil
pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik
18. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan
hasil belajar, harus memperhatikan….
a. substansi, konstruksi, bahasa
d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
b. substansi, konstruksi, validitas,
skor e. substansi, konstruksi, validitas,
reliabilitas
c. substansi, bahasa konstruksi, skor
19. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi
tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu
soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil
tes
c. Belajar tuntas, penilaian otentik,
berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan
instrument penilaian
d. Belajar tuntas, penilaian otentik,
berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan
instrument penilaian
e. Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau
teskinerja, tugas proyek, portofolio
20. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan laporan
hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
b. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester,
ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
c. Penilaian hasil belajar oleh satuan
pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada
semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN)
dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan
pendidikan
e. Ujian sekolah mencakup semua mata
pelajaran kelompok IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan
kepribadian
21. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek…
a. kepribadian, kognitif,
afektif
d. kognitif, psikomotor, afektif
b. kognitif, kepribadian,
psikomotor
e. psikomotor, kognitif, minat
c. afektif, kognitif, mental
22. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk
merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah
dengan cara….
a. guru memberikan tes atau pekerjaan rumah
setiap akhir pelajaran
b. guru menggunakan pertanyaan terarah maupun
pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
c. guru mewawancarai tiap siswa tentang
capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
d. guru menugaskan siswa untuk menuliskan
kesulitan siswa dalam belajar
23. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan
dengan cara…..
a. memberikan penilaian terhadap aktivitas,
tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di
luar kelas.
b. memberikan pre test maupun pos test secara
tertulis setiap kali proses pembelajaran
c. mengadakan ulangan harian rutin secara
terjadwal
d. mengadakan ulangan harian tanpa
pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
e. mengadakan ulangan tengah semester dan
akhir semester
24. Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian.
Prinsip-prinsip penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian harus
dilaksanakan secara….
a. sahih (valid), adil, terbuka, bermakna,
menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif,
sistematis, akuntabel
b. terbuka, bermakna, adil, sahih (valid),
efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma
c. sahih (valid), adil, terbuka, bermakna,
objektif dan efisien, berkesinambungan, terpadu, menyeluruh
d. terbuka, adil, bermakna, menyeluruh,
objektif, efektif dan efisien, terpadu, berkesinambungan, adil
e. sahih (valid), adil, objektif, terbuka,
bermakna, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis, menggunakan acuan
kriteria, akuntabel
26. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah
:
a. Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang
digunakan
b. Menyusun kriteria penilaian, lembar
pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
c. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan
materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
d. Menentukan metode pembela-jaran yang akan
digunakan
e. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan
digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
27. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah
:
a. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang
telah ditetapkan
b. SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat
pada silabus yang telah disusun)
c. Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
d. Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal,
teknik penskoran
e. Identifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/
pembelajaran yang terdapat dalam silabus
28. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata
pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
a. Standar Kompetensi
c. Kompetensi Dasar Mata
Pelajaran
d. Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
e. Standar
Kompetensi Lulusan
29. Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada
setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :
a. Standar Kompetensi
d. Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
e. Standar Kompetensi Lulusan
c. Standar Kompetensi Mata Pelajaran
30. Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip
berikut ini, KECUALI ..
a. Memandang penilaian dan kegiatan
pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses
pembelajaran
b. Mengembangkan tugas penilaian yang
bermakna, terkait langsung dengan kehidpan nyata
c. Mengembangkan berbagai strategi yg
mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri
d. Melakukan berbagai strategi penilaian di
dalam program pembelelajaran untuk menyediakan berbagai jenis informasi tentang
hasil belajar
e. Melakukan penilaian kelas secara acak
terhadap SK dan KD
31. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model
building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan
/ meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga /
mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata
Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari keterangan
(dealing with retrieval)
b. Memproses (processing)
c. Menerapkan dan Mengevaluasi
d. Perilaku yang Kreatif
e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal,
dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental
behaviors)
32. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
a. Urutan berdasarkan hierarki konsep
disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
b. Adanya keterkaitan antar standar
kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
c. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan
kompetensi dasar antarmata pelajaran.
d. Sesuai dengan karakteristik peserta didik,
mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata
kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi
e. Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau
alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran
33. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group),
menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan
eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan
(sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat
Berpikir….
a. Berhubungan dengan mencari keterangan
(dealing with retrieval)
b. Memproses (processing):
c. Menerapkan dan Mengevaluasi
d. Perilaku yang Kreatif
e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal,
dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental
behaviors)
34. Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup
sebagai berikut :
a. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan
sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa
dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.
b. Berisi garis besar model, pendekatan,
strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan
siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh
minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan
ketrampilan yang harus dikuasai.
c. Berisi bagaimana proses dan hasil belajar
akan dievaluasi atau dinilai.
d. Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk
mempelajari setiap standar kompetensi.
e. Berisi bahan rujukan (literature) dan
sumber belajar lainnya.
35. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian
standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini,
KECUALI
a. Potensi peserta didik;
b. Tingkat perkembangan fisik, intelektual,
emosional, sosial, dan spiritual peserta didik ;
c. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
d. Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi
pembelajaran;
e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik
dan tuntutan lingkungan, khususnya dunia kerja;
36. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki
posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung-jawab Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan
kurikulum :
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan
kehidupan e.
Berpusat pada potensi, perkembangan,
c. Menyeluruh dan
berkesinambungan
kebutuhan, dan kepentingan peserta
d. Beragam dan
terpadu
didik
dan lingkungannya
37. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan
(stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan,
termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia
kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum
:
a. Tanggap terhadap perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan
kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
e. Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
38. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan
berikut ini, KECUALI
a. Tujuan khusus pembelajaran
(objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.
b. Tujuan khusus pembelajaran
berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan
dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).
c. Tujuan khusus pembelajaran
bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
d. Dalam merumuskan tujuan khusus
pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang
teramati dan terukur (observable and measurable).
e. Menentukan rincian materi
(fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan
pembelajaran.
39. Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan..
a. Setelah menentukan SK, KD, dan
Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun
b. Setelah mengidentifikasi
materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
c. Setelah menentukan metode
pembela-jaran yang akan digunakan
d. Setelah merumuskan
langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
e. Setelah menentukan alat/bahan/
sumber belajar yang digunakan
40. Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu
memperhatikan hal berikut, KECUALI ………..
a. Tentukan model, pendekatan,
strategi, metode, teknik pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi
aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b. Strategi yang dipilih
hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa untuk secara mandiri
menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus dikuasai
(student centered learning).
c. Beberapa pendekatan yang dapat
dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual, konstruktivisme,
pembelajaran pemecahan masalah, pembelajaran individual, pembelajaran
kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
d. Menentukan rincian materi (fakta,
konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan
pembelajaran.
e. Tentukan rencana kegiatan yang
perlu dilakukan guru (menyiapkan, memotivasi dan menarik perhatian siswa,
manyajikan materi pelajaran baik secara suksesif maupun simultan menggunakan
berbagai media dan metode dengan menerapkan prinsip perulangan, menugasi,
memberikan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan tindak lanjut (remedial
dan pengayaan).
41. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar
dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:
a. Kompetensi
Kepribadian c.Kompetensi
Pardagogik e.Kompetensi Akademik
b. Kompetensi Profesinal
d.
Kompetensi Sosial
42. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan
kompetensi prasyarat peserta didik adalah …..
a. Melatih siswa mengerjakan soal
ujian nasional. C. Melakukan
kegiatan pre test
b. Mengidentifikasi siswa yang
mampu berbahasa Inggris. D. Melakukan post test.
e. Melakukan ulangan harian dadakan atau
spontanitas.
43. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan
semangat belajar siswa.
2. Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara
sehat.
3. Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian
dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.
4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi
kesulitan belajar siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah
pernyataan :
a. 1 dan 2
c. 2 dan 3
e. 1 dan 4
b. 1 dan 3
d. 3 dan 4
44. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi
Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan
ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa. Pernyataan berikut
yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah …….
a. Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.
b. Nilai rapor kelas sebelumnya.
c. Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.
d. Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.
e. Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua
45. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya
ternyata disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat
dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah….
a. Berikan kesempatan kepada
siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.
b. Tunjukkan akibat atau dampak
cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar
c. Ciptakan iklim sosial yang
sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
d. Berikan kesempatan memperoleh
pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.
e. Ciptakan suasana yang kondusif
sehingga tercipta kreatifitas siswa.
46. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang
dialami siswa
2. Kapasitas belajar
(tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah
3. Kapasitas belajar
(bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
4. Populasi siswa di
dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang
bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan….
a. 1 dan 2
c.
2 dan 3
e. 4 dan 2
b. 1 dan 3
d. 3 dan 4
47. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat,
maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan
ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ….
a. Penyaluran, pengembangan, edukatif,
rekreatif dan religius.
b. Penyaluran, pengembangan, edukatif,
rekreatif-kreatif, prestasi
c. Penyaluran, pengembangan, edukatif,
rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.
d. Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif,
dan produktif.
e. Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.
48.Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam
kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan
Kegiatan Ekstrakurikuler. Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu
melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah :
a. Layanan pribadi, sosial, belajar dan
intelegensi.
b. Layanan pribadi, sosial, karir dan
intelegensi.
c. Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar
d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan
belajar.
e. Layanan sosial, karir,intelegensi dan
belajar.
49.Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa
untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki
sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa
adalah dengan . . .
a. siklus belajar
c. pembelajaran konsep e. pemrosesan informasi
b. peta konsep
d. struktur kognitif
50. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis
dalam mengajar?
a. Menyiapkan benda-benda nyata untuk
dimanfaatkan siswa belajar.
b. Mengajarkan siswa untuk saling
berinteraksi.
c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara
mereka sendiri.
d. Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep
tertentu*.
e. Menjelaskan suatu konsep secara detail.
51. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik,
hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .
a. membangkitkan minat siswa
b. merangsang siswa lebih aktif belajar
c. memberi kesempatan siswa berkreasi
d. membiasakan siswa belajar sesuai dengan
lingkungan
e. menantang siswa untuk selalu belajar
52. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . .
a. standar kompetensi.
C. materi pembelajaran. E. metode pembelajaran.
b. kompetensi dasar
d. strategi pembelajaran.
53. Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah
yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
a. Setuju karena dapat melatih siswa
mengamati gerak bibir presenter.
b. Sangat setuju karena televisi adalah media
pembelajaran yang menyenangkan.
c. Kurang setuju karena acara televisi sering
tidak atau kurang mendidik.
d. Setuju dan tidak setuju bergantung pada
kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran
e. Sangat tidak setuju karena dapat memecah
perhatian siswa dalam mengikuti pembalajaran.
54. KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai
kegiatan pengembangan profesi guru, hal ini karena…………, KECUALI ……………..
a. Para guru memahami bahwa salah satu tujuan
kegiatan pengembangan profesi, adalah dilakukannya kegiatan nyata di kelasnya.
Dan ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya. Bagi
sebagian besar guru, melakukan kegiatan seperti itu, sudah biasa dilakukan
b. Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan
menggunakan kaidah-kaidah ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan
dapat mengembangan profesinya.
c. Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan
penelitian tindakan di dalam kelas yang diyakini makin layak untuk menjadi
prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal
baru” dalam praktik pembelajarannya.
d. Banyak inovasi baru dalam pembelajaran,
terutama dalam praktik pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik
dalam upaya mendukung pelaksanaan KBK) memerlukan verifikasi maupun penerapan
dalam proses pembelajaran.
e. Sebagian besar guru yang telah mencapai
golongan IV/a ke atas
55. Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….
a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
d. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
b. Permendikan Nomor 22 Tahun 2006
e.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun
c. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
2005
56. Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen
merupakan pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a. Behaviorisme
c. Behavionisme dan Cognitivisme
b. Cognitivisme
d. Semua benar
57. Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan menggunakan
peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa keputusan guru
tersebut menerapkan teori :
a. Behaviorsme
c. Behavionisme dan dognitivisme
b. Dognitivisme
d.
Konstruktivisme
58. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan
pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh
a. Behavioris
c. Kognitivis Behavior
b. Kognitivis d.
Konstruktivisme
59. Mengapa peranan guru begitu penting dalam pembelajaran
a. Perilaku guru sebagai panutan digugu dan
ditiru
b. Guru sebagai sumber ilmu
c. Keputusan tindakan memerlukan jenis dan
kreativitas belajar siswa
d. Tanpa guru proses belajar siswa terganggu
60. Pemahaman teori belajar penting untuk dipakai
a. Menambah wawasan modul pembelajaran
b. Sebagai bahan penunjang pembelajaran
c. Dasar pengembangan model pembelajaran
d. Sebagai acuan untuk memilih media
61. Learning dalam behaviorisme menekankan adanya :
a. Perubahan perilaku
c. Pemaknaan informasi baru
b. Interaksi terus-menerus
d. Perubahan pengetahuan
62. Menurut konstruktivisme, pengetahuan tentang :
a. Hasil dari interaksi dan paradigma
Stimulus – Respons
b. Hasil konstruksi yang dibangun sendiri
oleh pembelajar
c. Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah
d. Hasil temuan mata aturan yang menjadi
sumbernya
63. Praktek proses sangat cocok untuk matpel
a. Ketrampilan
c. Sastra
b. Sains
d. Ilmu sosial
64. Tidak termasuk dalam ranah kompetensi kepribadian seorang guru adalah
bicara santun namun efektif..
a. Kepada murid dan sejawat
c. Dalam rapat guru maupun di kelas
b. Kepada KS maupun orang
lain d.
Komunikasi dalam penelitian
65. Tidak termasuk dalam komponen mengajar seorang guru, adalah kemampuan …
a. Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
b. Menggunakan/memanfaatkan media
pembelajaran
c. Berkomunikasi secara santun namun efektif
dengan murid dan pengawas
d. Menanamkan kebiasaan tidak boleh mencontoh
saat ulangan
66. Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesment
pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan ciri:
a. Kompetensi
pedagogic
c. Kompetensi kepribadian
b. Kompetensi sosial
d. Kompetensi professional
67. Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan
ranah:
a. Kompetensi sosial
c. Kompetensi profesional
b. Kompetensi kepribadian
d. Kompetensi pedagogic
68. Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang,
melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut
merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:
a. Kompetensi sosial dan pedagogic
b. Kompetensi profesional dan pedagogic
c. Kompetensi kepribadian dan profesional 12
d. Kompetensi kepribadian dan social
69. Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa :
a. RPP merupakan bagian dari administrasi
sekolah
b. Proses pembelajaran merupakan kegiatan
yang harus direncanakan
c. RPP merupakan bagian kelengkapan
Portofolio sertifikasi
d. Proses pembelajaran merupakan proses yang
harus didokumentasi
70. Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di
kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam
rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
a. Kompetensi profesional
c. Kompetensi sosial
b. Kompetensi kepribadian
d. Kompetensi pedagogic
71. Paikem adalah pembelajaran yang :
a. Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif
dan menyenangkan
b. Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan
menyenangkan
c. Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan
menyenangkan
d. Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan
72. Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan
a. Masalah tiap-tiap kelompok yang ada
b. Masalah tiap-tiap kelompok beda dari
tiap-tiap kelompok
c. Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada
kelompok
d. Masalah dari tiap-tiap kelompok secara
mendalam
73. Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk
memberi jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan
a. Brain storming
c. Quickstioning
b. Concept mapping
d. Role playing
74. Problem sOlving dan discovery learning dapat meningkatkan kerampilan
siswa dalam hal :
a. Individual thinking
c.
Critical thinking
b. Direct thinking
d. Personal thinking Pemilihan
75. Pemilihan satu modul pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan
a. Standar kompetensi, ciri mata pelajaran
atau pokok bahasan
b. Teori yang dipahami guru
c. Keinginan dan putusan bersama
d. Tersedianya waktu dan dana yang ada
76. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali
a. Kerja sama mencapai tujuan
c. Saling interaksi
b. Kemampuan kerja individu
d. Saling tergantung tapi saling memberi
77. Memilih media, mempertimbangkan
a. Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan
perkembangan siswa
b. Kecanggihan media
c. Keseuaian media dengan paradigma
pembelajaran
d. Kelengkapan dan kualitas media
78. Guru menggunakan media dalam mengajar karena
a. Tuntutan kurikulum
c.
Media membatu siswa agar lebih mudah memahami
b. Anjuran KS
d. Keberadaan media mengurangi beban tugas guru
79. Penggunaan Media efektif bila
a. Dapat membantu guru mempercepat materi
b. Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui
bermain
c. Dapat meningkatkan pencapaian hasil
belajar siswa
d. Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi
target
80. Keuntungan media di buat guru, kecuali:
a. Sesuai dengan tingkat/karakteristik
belajar c. Sesuai dengan tingkat karakteristik guru
b. Sesuai dengan tingkat tujuan yang
dicapai d. Sesuai dengan materi yang disajikan
81. Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5
kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan
dengan kriteria …
a. Kesesuaian
c. Ketersediaan
b. Tingkat kesulitan
d. Kualitas teknis
82. Media yang kita gunakan di kelas hndaknya memiliki tingkat kejelasan
bagi siswa termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan
dengan kriteria :
a. Kesesuaian
c. ketersediaan
b. tingkat kesulitan
d.
kualitas teknis
83. Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah :
a. kemampuan siswa memahami materi
c. keaktifan siswa
menulis karangan
b. keaktifan siswa belajar di kelas
d. ketrampilan siswa menulis paparan/cerita
84. Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan :
a. kemampuan memahami
materi
c. kerajinan dan kreatifitas siswa
b. siswa mengerjakan
tugas d.
hasil belajar siswa secara keseluruhan
85. Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja..
a. Berhitung
(matematika) c.
Melakukan percobaan
b. Memecahkan
masalah
d. Membuat karya tulis
86. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas,
seorang guru melakukan kegiatan berikut
1. Menganalisis hasil ujian siswa sebelum menentukan
jumlah siswa yang belum tuntas
2. Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah
standar kemudian memilih metode mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.
3. Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode yang
digunakan dan memperbarui pada pelajaran berikutnya
4. Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang menjalani
remidi
Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas adalah
:
a. 1, 2, 3
c. 2 dan 4
b. 1 dan 2
d. 1, 2, 3 dan 4
87. Kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan hidup
( life skill) bagi anak didik adalah ……………
a. mempresentasikan hasil
diskusi
c. membuat model
b. membuat karya tulis
d. kerjasama dengan kelompok.
88. Dalam mengembangkan alat evalusi guru harus memperhatikan :
a. kompetensi dasar, indikator, dan materi
ajar dan SKBM.
b. kesesuaian dengan materi ajar, soal harus
mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
c. Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian
rupa, agar sebagian besar siswa mencapai standar ketuntasan belajar minimal
(SKBM)
d. Analisis hasil evaluasi tdk harus
dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian pada materi
selanjutnya.
89. Pernyataan berikut yang benar tentang assesment adalah :
a. proses pengukuran tes untuk mengetahui tkt
pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran.
b. proses pengumpulan informasi tentang
peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang dapat
mereka lakukan.
c. melakukan penilaian kemampuan siswa
menerima pelajaran
d. proses penilaian tkt kecerdasan siswa.
90. Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah
yang :
a. disajikan dalam bentuk artikel atau
makalah c. kajian ilmiah yang ditulis dari hasil riset
b. ditulis berdasarkan bukan hasil riset
d.
berupa kajian teoritis
91. Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut………………
a. Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan –
Refleksi
b. Refleksi – Perencanaan – Observasi –
Pelaksanaan
c. Observasi – Perencanaan – Pelaksanaan –
Refleksi
d. Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi –
RefleksI
92. Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?
a. PTK harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan
PTK memang benar-benar telah dilakukan oleh guru yang bersangkutan.
b. PTK yang dilakukan benar-benar mempunyai
manfaat.
c. PTK harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
d. KTI guru hendaknya berkaitan dengan
matapelajarannya dan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu proses dan
hasil belajar di kelasnya.
e. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
93. PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya…
a. Nilai percakapan belum meningkat
b. Terkait dengan permasalahan pada konteks
sesungguhnya pada waktu melaksanakan PBM dalam kelas
c. Terkait dengan perenungan di luar kontek,
sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM di dalam kelas
d. Terkait dengan permasalahan pada kontk
sesungguhnya pada waktu di luar jam pelajaran
94. Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan
kinerja siswa dengan berbagai alat dikenal sebagai :
a. Authentic material
c.
Authentic assessment
b. Authentic learning
d. Authentic data
95. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak
dalam kegiatan guru….
a. membuat rancangan pembelajaran khusus
untuk peserta didik sebagai peserta remedial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang
telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar
peserta didik
c. menggunakan rancangan pembelajaran baru
yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada merencanakan tes ulang
saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
d. menggunakan rancangan pembelajaran
berdasarkan bahan ajar belajar peserta didik
96. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan,
kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas
penyelenggaraan pendidikan disebut …………………
a. Standar Proses
d.
Standar Pengelolaan;
b. Standar Kompetensi
Lulusan
e. Standar Penilaian Pendidikan
c. Standar Sarana Dan Prasarana
97. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri
atas:
a. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik
b. Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan
Pendidikan Dan
c. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d. Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
e. Jawaban A, B dan C Benar
98. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab”. Kalimat tersebut adalah ……………….
a. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
d. Sasaran pendidikan nasional
b. Fungsi pendidikan nasional
e. Arah kebijakan pembangunan nasional
c. Tujuan pendidikan nasional
99. Sedangkan standar nasional pendidikan RI dituangkan dalam ……………….
a. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun
2005
b. Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
c. Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
d. Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005 16
e. Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005
100. Memahami peserta didik secara mendalam
a. Kompetensi Pedagogik c.
Kompetensi Professional e.Kompetensi
Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
101. Seorang guru mampu Mampu merancang pembelajaran, memahami landasan
pendidikan
a. Kompetensi Pedagogik c.
Kompetensi Professional e.Kompetensi
Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
102. Seorang guru mampu Mampu melaksanakan pembelajaran
a. Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi Professional
e. Kompetensi Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
103. Seorang guru mampu Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi
pembelajaran
a. Kompetensi Pedagogik c.
Kompetensi Professional e. Kompetensi
Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
104. Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi
a. Kompetensi Pedagogik c. Kompetensi
Professional
e. Kompetensi Kewirausahaan
b. Kompetensi Kepribadian d. Kompetensi
Sosial
105. Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang
studi
a. Kompetensi Pedagogik
c.
Kompetensi Professional e. Kompetensi
Supervisi
b. Kompetensi
Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
106. Seorang guru mampu Menguasai struktur dan metode keilmuan
a. Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi Professional
e. Kompetensi Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
107. Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
a. Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi
Professional e. Kompetensi Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
108. Seorang guru mampu Memiliki kepribadian yang arif
a. Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi
Professional e. Kompetensi Manajeria
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
109. Seorang guru mampu Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan
peserta didik
a. Kompetensi
Pedagogik c.
Kompetensi Professional e. Kompetensi Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
110. Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama
pendidik di sekolahnya, termasuk……..
a. Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi Professional
e. Kompetensi Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
112. Manfaat Penetian Tindakan Kelas (PTK) adalah : meningkatkan proses
belajar mengajar,
menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus
memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan mencakup proses refleksi dan
partisipatif, kecuali …….
a. meningkatkan proses belajar mengajar
c.
mencakup proses refleksi
b. menggunakan rancangan yang bersifat siklus d.
menggunakan metodelogi terbaru
113. Prinsip yang paling penting dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
adalah …….
a. komitmen guru sebagai pengajar tidak terganggu c. penggumpulan data
sederhana
b. metodologi tepat
d. laporan sederhana
114. Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri
dari empaat yaitu …….
a. perencanaan, tindakan, pengamatan,
refleksi
b. perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
c. perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
d. evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
115. Penelitian Tindakan kelas (PTK) mempunyai karakteristik sebagai
berikut, kecuali …
a. didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh
guru c. bertujuan memperbaiki
b. kolaborasi dalam pelaksanaannya
d. dilaksanakan dalam satu siklus
116. Dalam penetian tindakan kelas, metode pengumpulan data diharapkan ……
a. reliabel dan tidak mengganggu proses
pembelajaran
b. menggunaka
c. sederhana
117. Di bawah ini adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan
tindakan, kecuali …..
a. menganalisa masalah
c. mempersiapkan instrumen
b. mempersiapkan fasilitas
d. mempersiapkan skenario
118. Di bawah ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam penetapan fokus
masalah, kecuali
a. merasakan masalah
c. perumusan masalah
b. analisis masalah
d.
penerapan fokus
119. Langkah-langkah Penetian Tindakan Kelas (PTK) secara berurutan
meliputi ……..
a. penetapan fokus masalah, perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
b. perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan intrepretasi dan refleksi
c. perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan interpretasi
d. pelaksanaan tindakan, pengamatan
interpretasi dan refleksi.
120. Hal yang terpenting pada setiap siklus pada Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) adalah
a. dimonitor, dicatat hasil akhirnya
c. direfleksi dan diamati kembali
b. dievaluasi dan dianalisis
d. diamati dan diperbaiki
121. Dikaitkan dengan tanggungjawab guru terhadap pembelajaran, Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dapat membantu guru untuk …….
a. mengatasi masalah siswa
c. berkembang secara profesional
b. memperbaiki pembelajaran
d. berkolaborasi dengan guru lain
122. Ibu Siti terbiasa menganalisis pekerjaan siswanya untuk menemukan
kesulitan yang ditemukan siswa dalam pelajaran bahasa indonesia. Dari hasil
analisis tersebut, Ibu Siti juga mencoba menemukan kekuatan dan kelemahannya
dalam mengajar. Jika anda menemuan kelemahan, segera dia mencoba mencari jalan
untuk mengatasi kelemahan tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Siti
tersebut dapat dikatagorikan sebagai langkah awal dalam ………
a. perkembangan profesional
c. memperbaiki pembelajaran
b. melakukan PTK
d. menerapkan manfaat PTK
123. Berikut ini adalah manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru,
kecuali ………
a. membantu guru memperbaiki pembelajaran
d. menambah rasa
percaya diri
b. memungkinkan guru berkembang secara
profesional
c. memungkinkan guru mengembangkan karir
124. Sekolah yang maju embawa dampak bagi kemajuan para guru. Demikian pula
sebaliknya. Oleh karena itu, jika di suatu sekolah para guru terlatih melakukan
Penelitian Tindakan Kelas(PTK), sekolah akan berpotensi untuk ……..
a. meraih popularitas
c.
menerbitkan karya-karya penelitian
b. menghasilkan siswa teladan
d. menghasilkan berbagai teknik pembelajaran
125. Ibu Ita, seorang guru IPS berpenampilan sangat energik, Ia sedang
melakukan Penetian Tindakan Kelas (PTK). Hampir setiap hari dia sibuk untuk
menganalisis hasil pekerjaan siswanya dan mencoba memberi komentar yang dapat
mendorong siswa untuk bekerja lebih giat. Para siswa ternyata sangat antusias
terhadap usaha Ibu Ita. Karena para siswa merasa pekerjaannya diperiksa dengan
cermat, siswapun membuat pekerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia
selalu harus bekerja cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan
cermat pula. Ilustrasi di atas menggambarkan manfaat Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) bagi siswa, dalam hal ini
a. Perilaku guru yang melaksanakan PTK
menjadi model bagi siswa
b. Guru Mendorong siswa untuk memperbaiki
hasil belajarnya
c. Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
d. Siswa dapat memperbaiki proses dan hasil
belajarnya
126. Guru yang tampil melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan
merasa lebih percaya diri. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain
sebagai berikut, kecuali ……
a. Munculnya perasaan lebih mampu
dibandingkan teman sejawat yang lain
b. Berkembangnya kemampuan guru dalam
pembelajaran
c. Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran
yang dikelola
d. Munculnya perasaan mampu Memecahkan
masalah sendiri
127. Keterbatasan Penetian Tindakan Kelas (PTK) terutama terletak pada …….
a. metodologi
c. instrumen yang digunakan
b. validitas
d. reliabilitas hasil yang dicapai
128. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tidak mempunyai daya
generalisasi karena …..
a. sampel terbatas pada kelas yang diajar c.
metodologi sangat longgar
b. masalah yang diteliti sangat spesifik
d. PTK dilakukan oleg guru, bukan oleh peneliti
129. Agar Penetian Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga
diperlukan berbagai kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain
sebagai berikut , kecuali ……….
a. adanya kebebasan bagi para guru untuk
berinovasi
b. birokrasi yang ketat
c. dukungan dari semua personil sekolah
d. ada rasa saling mempercayai antara
personil sekolah termasuk siswa
130. Kemauan guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
haruslah didukung oleh iklim sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk
……
a. Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta
bantuan
b. Melakukan perubahan jadwal pelajaran
c. Menetapkan masalah bagi kelasnya
d. Meminta siswa mengikuti perintahnya
131. Penetian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam
kelas oleh ……..
a.
Guru c.
guru sebagai peneliti
b. peneliti
d. guru
bersama dosen
132. Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ……
a. mengungkapkan kebenaran
c.
memperbaiki kinerja guru
b. menjawab masalah guru
d. mengumpulkan informasi
133. Metode utama dalam penelitian tindakan kelas disebut sebagai
self-reflective inquiry, artinya metode yang digunakan …….
a. bertumpu pada kemampuan guru melakukan
refleksi
b. longgar tetapi tetap mengikuti kaidah
penelitian
c. hasil observasi/kesan dari guru
d. bervariasi asal sesuai dengan kaidah
penelitian.
134. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ……
a. keriasauan guru akan kinerjanya
c. keinginan untuk membantu guru
b. keriasauan pendidik akan mutu
pendidikan d. kepedulian peneliti akan kinerja guru
135. Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal
…………
a. pelaku penelitian
c. tempat penelitian
b. tujuan penelitian
d. asal masalah yang diteliti
136. Penelitian tidakan kelas seyogyanya dilakukan oleh guru karena
alasan-alasan berikut, kecuali …
a. PTK memang untuk guru
b. guru paling akrap dengan suasana kelas
c. masalah di kelas mungkin asing bagi para
peneliti
d. guru bertanggungjawab memperbaiki
kinerjanya.
137. Seorang Dosen Perguruan Tinggi membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk
mencari jalan keluar kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa
untuk mengerjakan PR yang diberikan. Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta
kebiasaannya menyimpan PR tersebut di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa
.Dosen Perguruan Tinggi mendengar cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua
merancang cara mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba
cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu hampir setiap minggu mereka
bertemu kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang
dilakukan oleh dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas
karena ……..
a. Ibu Tini bekerjasama dengan Dosen
Perguruan Tinggi
b. masalah penelitian muncul dari kerisauan
guru
c. terjadi pertemuan setiap minggu
d. dosen Perguruan Tunggi membantu guru
memecahkan masalahnya
138. Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena
alasan berikut, kecuali
a. dibandingkan dengan peneliti luar guru
lebih memahami keadaan di kelas
b. kelas merupakan wilayah guru
c. hasil penelitian dapat dimanfaatkan
langsung oleh guru
d. temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh
guru
139. Dilihat dari segi tujuan penelitian, penelitian tindakan kelas
menempatkan guru sebagai ……..
a. Peneliti dari dalam
c. Subjek penelitian
b. Praktisi yang membangun teori
d.
Pengajar dan peneliti
140. Sebagai pekerja profesional, guru dianggap paling layak melakukan
penelitian tindakan kelas (PTK) karena ………
a. PTK membantu guru berkembang secara
profesional
b. guru paling akrab dengan siswa
c. kelas memang merupakan wilayah guru
d. PTK merupakan bagian dari tugas
profesional guru
141. Empat langkah pokok dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah
……..
a. merencanakan, melaksanakan tindakan,
refleksi, analisis data
b. refleksi, analisis data, merencanakan,
melaksanakan tindakan
c. merencanakan, melaksanakan tindakan,
mengamati, refleksi
d. refleksi, merencanakan, melaksanakan
tindakan, analisis data
142. Untuk mengidentifikasi masalah, guru perlu melakukan kajian terhadap
pembelajaran yang dikelolanya. Kajian tersebut dapat dilakukan dengan
mengajukan berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut
adalah sebagai berikut, kecuali ……..
a. apa yang terjadi dikelas saya
b. berapa orang siswa yang prestasinya selalu
rendah
c. dengan siapa saya harus mendiskusikan
Masalah ini
d. apa dampaknya jika siswa yang berpretasi
rendah saya biarkan saja
143. Masalah yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga
guru menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah
yang perlu ditangani adalah sebagai berikut, kecuali …………
a. tingkat keseriusan masalah
c.
ada tidaknya mitra kolaborasi
b. kemampuan guru untuk menangani
d. kompleks tidaknya masalah tersebut
144. Setelah menentapkan dan menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan
cara melakukan perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara
mengatasi masalah, guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali …………….
a. mengkaji teori yang relevan dengan masalah
b. menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
c. berdiskusi dengan teman sejawat
d. mengingatkan kembali pengalaman yang
terkait dengan maslah tersebut
145. Cara pemecahan yag dipilih haruslah sesuai dengan ………..
a. kondisi lingkungan
sekolah
c. waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
b. jumlah siswa dalam elas
d.
sarana dan fasilitas yang tersedia
146. Sebelum melaksanakan tindakan, guru harus menyiapkan hal-hal berikut,
kecuali ….
a. daftar hadir
c. sarana dan fasilitas pendukung
b. skenario
tindakan
d. cara menganalisis data
147. Jika sebelum melakukan tindakan guru tidak menentukan cara
mengumpulkan data, dalam pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi
hal-hal berikut, kecuali ………
a. data yang dikumpulkan akan mubasir
c. guru yang bingung
menafsirkan data
b. data yang diperlukan tidak terjaring
d.
guru tidak memerlukan data
148. Ibu ida seorang guru SMK sedang asyik berdiskusi dengan teman
sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan
istilah latin kepada siswa.Diamerasa siswa sangat sukar menghafal istilah
asing tersebut. Ia meminta pendapat teman-temannya, bagaimana cara mengajar
materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah
PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ……
a. identifikasi masalah
c. merumuskan masalah
b. analisis masalah
d.
merencanakan perbaikan
149. Dalam melaksanakan tindakan, guru harus memperhatikan beberapa
kriteria di antaranya …….
a. guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai
pengajar
b. penelitian jangan sampai mengganggu
komitmen guru sebagai pengajar
c. guru harus memperhatikan kemampuan siswa
d. perhatian guru harus terfokus pada masalah
yang ingin dipecahkan
150. Bapak Sutarji mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra
dengan seorang guru, teman sejawatnya dalam memperbaiki cara merespons terhadap
siswa di kelas. Ia sudah merancang berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa
yang bai serta beberapa respons untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang
tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi
siswa ketika guru merespons jawabannya. Jenis reaksi yang perlu direkam serta
cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari kriteria
pelaksanaan tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
a. guru harus memperhatikan etika yang
terkait dengan tugasnya
b. metodologi yang diterapkan harus reliabel
c. pengumpulan data jangan sampai menyita
waktu guru terlampau banyak
d. masalah yang ditangani harus sesuai dengan
komitmen guru
151. Tahap observasi – implementasi berlangsung bersamaan dengan
pelaksanaan tindkan. Dalam kajian ini, observasi – interprestasi utlak
diperlukan agar guru dapat ……
a. memantau jalanya pembelajaran
c. mengetahui kualitas respons siswa
b. melakukan berbagai penyesuaian
d. memantau pendapat pengamat
152. Idealnya, dalam PTK guru dapat mengamati atau mengumpulkan data
sendiri dari kelasnya, sehingga yang mengamati dan melakukan interprestasi
adalah guru sendiri. Namun, kadang-kadang guru terlampau repot untuk melakukan
itu semua. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat
a. memilih salah seorang siswa menjadi
pengamat
d. mewawancarai siswa
b. meminta kepala sekolah untuk mengamati
pelajarannya setelah pelajaran
selesai
c. megumpulkan alat bantu rekaman
153. Prinsip dasar observasi yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil
observasi adalah prinsip yang berkaitan dengan …….
a. fokus observasi
c. ketrampilan mengobservasi
b. perencanaan awal
d.
balikan (feedback)
154. Ketika melakukan observasi di kelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha
bersikap bersahabat, baik kepad siswa maupun kepada Ibu Rina. Ia masuk kelas
dengan mengucapkan salam dan meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di
kelas. Ketika terjadi diskusi antar siswa, Bapak Sukoco tidak segera merekam
diskusi tersebut, tetapi menunggu sampai diskusi selasai, kemudian berfikir
sejenak untuk menemukan makna peristiwa yang baru saja diamati. Perilaku
pengamat seperti itu merupakan penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan
dengan ……..
a. perencanaan awal
c. membangun kriteria
b. okus observasi
d.
ketrampilan observasi
155. Jika seorang guru ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil
dilibatkan secara aktif dalam memberi respons terhadap pertanyaaan guru, jenis
observasi yang paling tepat digunakan adalah observasi ………
a. terbuka
c. terstruktur
b. terfokus
d. sistematik
156. Pada pertemuan pendahuluan atau pertemuan perencanaan, guru dan
pengamat menyepakati hal-hal berikut, kecuali …….
a. jumlah siswa yang akan ikut dalam
pembelajaran
b. Fokus pengamatan
c. Konteks pembelajaran yang dikelola guru
d. Kriteria yang digunakan dalam
interprestasi
157. Selain melalui observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui
cara-cara berikut, kecuali …….
a. wawancara dengan orang tua
c. berbagai dokumen hasil belajar siswa
b. catatan/laporan guru
d. wawancara dengan siswa
158. Analisis data dilakukan dengan menempuh berbagi langkah, yang pada
akhirnya bertujuan untuk
a. menyeleksi dan mengelompokkan data
b. menyeleksi dan menafsirkan data
c. memperoleh informasi tentang proses dan
dampak perbaikan
d. mendapat informasi tentang perilaku
mengajar guru
159. Melihat hasil latihan siswa, Ibu Sutari menjadi kaget karena hanya 10
dari 30 siswa yang mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari
encoba mengingat- ingat apa yang terjadi ketika ia menjelaskan penggunakan
rumus matematika dalam memecahkan soal. Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan
rumus dengan mengerjakannya sendiri di papan tulis. Ia kemudian merenung
kembali, mengapa ia tidak meminta siswa mengerjakannya ke depan ?Ia ingat pula,
siswa yang duduk di deretan belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan
penggunaan rumus di papan tulis. Dari segi langkah-langkah PTK, langkah mana
yang sedang dihayati oleh ibu Sutari
a. mengumpulkan
data c.
melakukan refleksi
b. menganalisis data
d. merencanakan perbaikan
160.Perencanaan tindak lanjut, yang merupakan salah satu langkah dalam
siklus PTK, dapat diwujudkan dalam bentuk ……………
a. pedoman observasi
c. program PTK secara utuh
b. revisi rencana perbaikan
d. pedoman analisis data
161. Berikut adalah contoh-contoh masalah pembelajaran yang mungkin
dihadapi guru, kecuali
a. pertanyaan guru sering tidak dijawab oleh siswa c.
banyak siswa yang belum membayar SPP
b. perhatian siswa pada pelajaran
kurang
d. hasil ulangan siswa rendah
162. Agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru
perlu ……
a. peka terhadap situasi kelas
c. mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di kelas
b. bertanya kepada teman
sejawat
d. bertanya kepada kepala sekolah
163. Tujuan utama menganalisis masalah pembelajaran adalah …………………………
a. mencari hakikat
masalah
c. merinci masalah menjadi bagian-bagian kecil
b. menemukan akar penyebab masalah d. menemukan cara
pemecahan masalah
164. Analisis masalah dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ……………..
a. mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri
tentang berbagai aspek pembelajaran
b. menanyakan pendapat siswa tentang berbagai
aspek pembelajaran
c. menelaah berbagai dokumen yang berkaitan
dengan hasil belajar siswa
d. membaca berbagai teori belajar
165. Rumusan masalah dalam PTK serupa dengan maslaah penelitian. Dari
rumusan berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
a. apakah permaianan peran dapat meningkatkan
keaktifan siswa kelas X SMK Wanabakhti
b. bagaimana cara mengajukan pertanyaan agar
mampu membuat aktif siswa dalam pelajaran Matematika di SMK Negeri Sawangan
c. mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha
selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional
d. bagaimana cara menggunakan alat peraga
yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
166. Tindakan perbaikan dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah
berikut, kecuali
a. Menelaah berbagai teori yang relevan
dengan masalah pembelajaran yang dihadapi
b. Mengulangi apa yang pernah dilakukan
ketika menghadapi masalah yang sama
c. Berdiskusi dengan para pakar
d. Mengingat kembali pengalaman yang lalu
dalam menghadapi masalah yang sama Untuk menjawab
pertanyaan nomor 167 s/d 170, bacalah terlebih dahulu kasusberikut
ini.
Kasus Pembelajaran Ibu Ani, guru bahasa inggris kelas XII di SMK Negeri 8
Panderman, mula-mula menjadi risau karena hanya 10 dari 40 siswa dikelasnya
yang mau menjawab dengan bahasa inggris, jika guru mengajukan pertanyaan. Siswa
lain selalu diam kalau ditanya atau berpura-pura tidak mendengar pertanyaan
guru.
Ibu Ani sering kesal dan melanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan anak-anak
yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, Ibu ani
biasanya meneruskan pelajarannya dengan meminta para siswa membaca wacana yang
ada dalam buku pelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada dibuku secara
tertulis.
Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sekali-sekali memberi
perhatian pada grammar, jika siswa salah menulis jawabannya. Dengan cara ini,
Ibu Anipun melupakan kerisauannya. Keadaan ini berlangsung sepanjang semester
tanpa ada upaya perbaikan.
Hasil tes bahasa inggris para siswa sedang-sedang saja karena tes yang
diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan grammar.
Namun, ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SMK tersebut,
tidak seorangpun dari siswa Bu Ani yang berani menjawab pertanyaan tamu
tersebut, apalagi bertanya. Hal ini menyebabkan Bu Ani dipanggil oleh kepala
sekolah, dan diminta untuk berupaya agar para siswa mampu berbahasa Inggris,
meskipun yang paling sederhana. Kejadian ini membuat kerisauan yang dulu pernah
muncul, dirasakankembali oleh bu Ani.
167. Masalah yang terjadi dalam kelas Bu Ani dalam kasus pembelajaran di
atas dapat digolongkan sebagai masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang
berikut, kecuali …….
a. strategi pembelajaran
c. evaluasi hasil pembelajaran
b. sumber dan media pembelajaran
d. motivasi belajar
168. Akar penyebab masalah yang terjadi dalam kasus di atas antara lain
sebagai berikut, kecuali
a. latihan berbicara tidak mendapat tekanan
b. bu Ani tidak memberi perhatian khusus pada
siswa yang tidak mau menjawab
c. bu Ani tidak menggunakan lab bahasa ketika
mengajar
d. kemampuan berbicara siswa tidak dinilai
169. Jika Bu Ani ingin memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya melalui
PTK, pilihan rumusan masalah PTK yang paling tepat untuk kegiatan PTK yang akan
dilakukan Bu Ani adalah …..
a. bagaimana cara memberi latihan
berbicara dalam bahasa Inggris agar mampu meningkatkan kemampuan berbicara
siswa kela XII SMK
b. apakah kemampuan berbicara
dapat dilatihkan secara intensif dengan memanfaatkan laboratorium bahasa ?
c. bagaimana cara mengaktifkan siswa
dalam berbicara?
d. apakah sumber belajar dapat
mendorong siswa berlatih berbicara ?
170. Jika Anda yang menjadi Bu Ani, tindakan perbaikan mana yang paling
tepat untuk memecahkan masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
a. guru selalu menggunakan bahasa
inggris dalam mengajar dan tidak mau menerima jawaban dalam bahasa indonesia
b. guru memberikan latihan
berbicara dalam bahasa inggris secara terpadu dengan mendengarkan, membaca, dan
menulis
c. guru meminta siswa selalu menjawab
dalam bahasa inggris
d. guru memberikan latihan
mengucapkan kata dengan benar
171. Kegiatan Penetian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan
dapat ……..
a. meningkatkaan kualitas
mengajar
c. meningkatkan mutu pendidikan
b. membantu kenaikan
pangkat
d. membuat karya ilmiah
172. Yang tidak termasuk kompetensi pedagogic bagi guru adalah ……
a. memperhatikan perkembangan
kognitif, memanfaatkan prinsip kepribadian, mengidentifikasi potensi anak didik
b. menerapkan teori pembelajaran,
menentukan strategi pembelajaran
c. membuat setting pembelajaran
dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif
d. Merancang dan melaksanakan
evaluasi, menganalisis hasil evaluasi, memanfaatkan hasil penilaian untuk
perbaikan program pembelajaran
e. Memahami materi ajar yang ada
di kurikulum, materi, dan konsep keilmuan lainnya
173. Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini
berarti guru tersebut telah melaksanakan kompetensi ………
a. Kompetensi Pedagogik
c. Kompetensi Professional e. Kompetensi Manajerial
b. Kompetensi
Kepribadian d. Kompetensi
Sosial
a174. Seorang guru SMK gemar menulis Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan
kelas (PTK), ini artinya guru tersebut telah melaksanakan dan mengembangkan
kompetensi ….
a. Kompetensi Pedagogik
c.
Kompetensi Professional e. Kompetensi Manajerial
b. Kompetensi Kepribadian
d. Kompetensi Sosial
175. Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian bagi guru adalah ……
a. berkomunikasi dan
bergaul efektif dengan peserta didik
b. kemandirian dalam bertindak
dan etos kerja guru
c. Menampilkan tindakan yang
didasarkan pada kemanfaatan bagi anak didik, sekolah dan masyarakat
d. Memiliki perilaku positif
terhadap anak didik E Bertindak sesuai norma religius (iman, taqwa, jujur,
ikhlas) dan mampu diteladani siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar