LEMBAR SOAL TES TERTULIS
Petunjuk Umum :
1. Kerjakan pada lembar
jawaban yang disediakan dengan balpoint tinta hitam!
2. Tulislah lebih dahulu
nomor peserta pada lembar jawaban yang telah disediakan!
3 Periksa dan bacalah
soal-soal dengan teliti sebelum menjawab!
4. Dahulukan soal-soal
yang Saudara anggap mudah!
SELAMAT MENGERJAKAN!
1 Jelaskan secara
singkat tugas pokok Saudara sebagai seorang guru!
2 Berdasarkan Surat
Menpan Nomor 25/U/1995 bagaimana sistim kenaikan pangkat guru?
3 Sebutkan jenjang
pangkat, golongan ruang dan jabatan guru dari terendah sampai tertinggi!
4 Undang-undang Nomor
berapa dan tahun berapakah yang mengatur tentang Sistim Pendidikan
Nasional?
Nasional?
5 Sebagai seorang PNS
harus melaksanakan 3 (tiga) hal. Sebutkan 3 (tiga) hal tersebut!
6 Dalam Kurikulum
Berbasis Kompetensi, apa peran guru dalam pembelajaran?
7 Sebuah kolam ikan,
panjang 20 meter, lebar 12 meter dan kedalaman 6 meter. Jika kolam tersebut
berisi 2/5 bagian, berapa liter air yang ada di dalam kolam?
berisi 2/5 bagian, berapa liter air yang ada di dalam kolam?
8. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan sekolah sebagai Wawasan Wiyata Mandala!
9. Keberhasilan
pembelajaran di kelas sebaiknya dilaksanakan dengan prinsip PAKEM. Apa
kepanjangan PAKEM itu?
kepanjangan PAKEM itu?
10. Setiap satuan
pendidikan harus mempunyai cita-cita positif dalam meningkatkan kualitas
pendidikan di lembaganya. Disebut apakah cita-cita positif itu?
pendidikan di lembaganya. Disebut apakah cita-cita positif itu?
11. Peran serta masyarakat
sangat membantu/mendukung pelaksanaan program sekolah. Lembaga
apakah itu?
apakah itu?
12. Apakah fungsi evaluasi
bagi guru?
13. Memuat tentang apakah
Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 itu?
14. Apa latar belakang
pendidikan guru yang menjadikan dia berhak mengikuti uji sertifikasi?
15. Aspek apa sajakah yang
dipakai dalam penyusunan silabus?
16. Kurikulum pendidikan
selalu bersifat dinamis. Kurikulum apakah yang akan kita laksanakan pada
tahun pelajaran 2007/2008?
tahun pelajaran 2007/2008?
17. Sebutkan bentuk/
instrumen penilaian!
18. Dengan sistim apakah
teknik pembelajaran di kelas I dan II dilaksanakan?
19. Apakah yang dimaksud
dengan Community Based Education?
20. Untuk meningkatkan
mutu pendidikan di Indonesia, maka dibentuklah BSNP. Singkatan
dari
apakah BSNP itu?
apakah BSNP itu?
KUNCI JAWABAN
1. Tugas pokok guru:
a. Menyusun program
pembelajaran
b. Menyajikan program
pembelajaran.
c. Mengevaluasi hasil
belajar.
2. Sistim Angka Kredit
bagi guru.
3. Jenjang pangkat,
golongan ruang dan jabatan guru:
NO
|
GOLONGAN
RUANG
|
PANGKAT
|
JABATAN
|
1.
|
II/a
|
Pengatur Muda
|
Guru Pratama
|
2.
|
II/b
|
Pengatur Muda Tingkat I
|
Guru Pratama Tingkat I
|
3.
|
II/c
|
Pengatur
|
Guru Muda
|
4.
|
II/d
|
Pengatur Tingkat I
|
Guru Muda Tingkat I
|
5.
|
III/a
|
Penata Muda
|
Guru Madya
|
6.
|
III/b
|
Penata Muda Tingkat I
|
Guru Madya Tingkat I
|
7.
|
III/c
|
Penata
|
Guru Dewasa
|
8.
|
III/d
|
Penata Tingkat I
|
Guru Dewasa Tingkat I
|
9.
|
IV/a
|
Pembina
|
Guru Pembina
|
10.
|
IV/b
|
Pembina Tingkat I
|
Guru Pembina Tingkat I
|
11.
|
IV/c
|
Pembina Utama Muda
|
Guru Utama Muda
|
12.
|
IV/d
|
Pembina Utama Madya
|
Guru Utama Madya
|
13.
|
IV/e
|
Pembina Utama
|
Guru Utama
|
4. Undang-undang Nomor 20
tahun 2003.
5. 3 (tiga) hal yang
harus dilaksanakan oleh guru:
a. Komitmen terhadap
tugas
b. Mengetahui tugas
pokoknya
c. Disiplin dalam arti
luas
6. Sebagai fasilitator.
7. 2/5 x 20 x 12 x 6 = 2/5 x 1440 m3 =
864.000 liter.
8. Artinya : Sekolah
sebagai masyarakat belajar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam arti
menumbuhkan, memotivasi dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang mencakup
etika, logika, estetika dan praktika.
9. Pembelajaran Aktif
Kreatif Efektif dan Menyenangkan.
10. Visi dan Misi.
11. Komite Sekolah.
12. Fungsi evaluasi bagi
guru:
a. Untuk mengetahui hasil
belajar siswa.
b. Untuk mengetahui
kedudukan masing-masing individu siswa.
c. Untuk mengetahui
Kelemahan dan cara belajar siswa.
d. Untuk memperbaiki
kualitas PBM/KBM.
e. Untuk menentukan nilai
dan kelulusan.
13. Undang-undang tentang
Guru dan Dosen.
14. Dengan latar belakang
S-1 atau D-IV.
15. Standar kompetensi dan
kompetensi dasar indikator.
16. Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan.
17. Bentuk/ instrumen
penilaian:
a. Tes tertulis
b. Tes Lisan
c. Tes Unjuk kerja
d. Tes Penugasan
e. Tes Observasi
f. Tes wawancara
g. Portofolio
h. Angk Penilaian diri
18. Sistim Tematik.
19. Modal pendidikan yang
berbasis masyarakat luas.
20. Badan Standar Nasional
Pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar