Welcome To Our English Conversation Club SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan

Senin, 30 Maret 2015

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Melalui Metode Chain Writing

ABSTRAK

            Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif dengan Menggunakan Metode Chain Writing Siswa Kelas X MIA1 Semester I SMA Negeri 1 Sekaran Tahun Pelajaran 2014-2015.
   Sebuah Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Pada Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas X MIA1 SMA Negeri1 Sekaran Lamongan.
Adanya kenyataan bahwa siswa-siswi di SMA Negeri 1 Sekaran  mengalami kesulitan didalam mempelajari Bahasa Inggris  terutama pada standar kompetensi menulis, menjadi fokus dari tulisan ini.  Indikasinya bisa dilihat dari hasil ujian Tengah semester dimana sebagian besar dari mereka gagal mendapatkan nilai yang bagus.  Salah satu penyebab dari kegagalan ini adalah adanya budaya pengajaran yang tidak kondusif (Lestari, 1999).  Di dalam kelas siswa-siswi diharapkan untuk duduk manis, mendengarkan keterangan Bapak/Ibu Guru dengan seksama, penuh perhatian dan penuh hormat.  Guru adalah dianggap sebagai satu-satunya orang yang mengetahui segala sesuatu dan selalu mendominasi kegiatan di kelas (teknik tradisional).  Hal ini bertentangan dengan prinsip kurikulum baru yaitu proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa (student centered).  Peran guru adalah membekali siswa-siswinya dengan pengalaman tertentu guna mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam standar isi (Depdiknas, 2006). Jika budaya ini tidak dirubah, maka niscaya usaha apapun yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran akan sia-sia. Penggunaan strategy Chain Writing ini adalah salah satu alternative pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri 1Sekaran Kelas X MIA1 Semester I guna mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.  Hal ini sangat dimungkinkan karena pembelajaran bisa dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas.
            Penelitian tindakan kelas di SMA Negeri 1 Sekaran  ini mencoba mencari sejauh mana penggunaan strategi Chain Writing dapat meningkatkan kemapuan menulis siswa.  Kemampuan menulis dimaksud adalah menulis karangan Deskriptif dengan memperhatikan  pilihan kata dan penggunaan ejaan yang merupakan Kompetensi Dasar menulis untuk kelas  X Semester I.

             
           

           
            Kata Kunci : Pembelajaran, Chain Writing, Menulis Teks Deskriptif



3 komentar: