PROGRAM
PENGELOLAAN DAN PENDAYAGUNAAN
TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM
TP. 2013/ 2014
DISUSUN OLEH :
HUSNUN NA’IM, M.Pd
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAMONGAN
SMA NEGERI
1 SEKARAN
KATA
PENGANTAR
Dengan senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat
Allah Swt, atas limpahan karunia dan rahmatnya, saya dapat menyelesaikan
Program Strategi Pengembangan Pendidikan bidang Pengembangan Pendidik dan
Tenaga pendidik, Pengembangan Sarana Prasarana dan Pengelolaan
Pembiayaan/Keuangan sebagai tugas Wakasek bidang Kurikulum yang diamanahkan
sekolah SMA Negeri 1 Sekaran tahun pelajaran 2013/2014.
Pesatnya kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan
sekolah harus mampu meningkatkan pelayanan pendidikan yang lebih baik, layanan
pembelajaran yang mampu memanfaatkan teknologi, peningkatan layanan manajemen
sekolah yang lebih handal dan professional dan harus dilakukan
berkesinambungan. Sekolah harus terus memacu diri agar mampu bersaing, baik
dibidang akademis dan non akademis dengan sekolah-sekolah lain serta dapat
mengakomodir yang menjadi keinginan masyarakat.
Dengan kondisi riil di SMA Negeri 1 Sekaran saya menyadari
bahwa Program Strategis pengembangan pendidikan yang penyusun tampilkan ini,
masih jauh dari harapan. Karenanya amanah yang diberikan sekolah kepada
penyusun, dengan sekuat energy power yang ada secara maksimal berusaha
mengembangkan program-program melalui perencancanaan yang matang dalam upaya pelaksanaan
dan pencapaiannya.
Diakhir kata pengantar ini, penyusun mengucapkan kepada
berbagai pihak, terutama Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sekaran yang telah memberikan amanah dan berbagai
masukan untuk peningkatan muta pendidikan. Semoga Allah Swt. Memberikan
kemudahan dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan pendidikan.
Sekaran,
15 JULI 2013
Penyusun
HUSNUN
NA’IM, M.Pd\
Wakasek
Bidang Kurikulum
DAFTAR
ISI
Halaman
Kata Pengantar
……………………………………………………………………
i
Daftar Isi ……………………………………………………………………………
ii
Visi, Misi dan Tujuan ……………………………………………………………… iii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang…………………………………………………………………
1
B. Tujuan ………………………………………………………………………….
1
C. Landasan Hukum Operasional
………………………………………………..
2
D. Sistematika Penulisan
……………………………………………. ……………
2
BAB
II EVALUASI PROGRAM
KERJA TAHUN 2012/2013
- Bidang Garapan Ketenagaan/Sumber Daya Manusia………… ……………
3
- Bidang Garapan Sarana Prasarana …………………………….. ………….. 4
- Bidang Garapan Pengelolaan Biaya/Keuangan……………………………. 4
BAB
III PROGRAM KERJA TAHUN
2013/2014
- Program Bidang Tenaga Pendidik dan Kependidikan ……………………. 7
- Program Bidang Sarana Prasarana…………………………………….......
8
- Program Bidang Pengelolaan Biaya/Keuangan…………………………. ..
10
BAB
IV MATRIK SKALA PRIORITAS
PROGRAM
- Proyeksi Kebutuhan Tenaga Pendidik dan
Kependidikan…… …………..
11
- Proyeksi Kebutuhan Sarana Prasarana……………………………………
12
- Proyeksi Kebutuhan Pengelolaan Biaya/Keuangan ………………………
14
BAB
V PENUTUP
PROGRAM PENGELOLAAN
DAN PENDAYAGUNAAN PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN SMA N 1 SEKARAN
I.
VISI,
MISI, DAN TUJUAN SMA N 1 SEKARAN
A.
Visi
Terbentuknya peserta didik yang beriman dan bertaqwa
unggul dalam prestasi, menguasai IPTEK dan peduli pada lingkungan.
Indikator
visi
- Unggul
dalam aktifitas keagamaan
- Berperilaku
yang didasarkan pada ahlak mulia
- Mampu bersaing dalam memasuki PTN
- Unggul dalam penguasaan IPTEK
- Memiliki kedisiplinan yang tinggi
- Memilikli kepedulian lingkungan yang tinggi
B.
Misi
Untuk mencapai VISI
tersebut, SMA Negeri 1 Sekaran mengembangkan misi sebagai berikut:
1.
Menumbuhkan
penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut sehingga menjadi sumber kearifan
dalam bertindak.
2.
Mengamalkan
ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Menciptakan
lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu
pembelajaran.
4.
Melaksanakan
pembelajaran dengan konsep PAIKEM dan
saintifik yang berbasis karakter.
5.
Mengoptimalkan
pembinaan pengembangan diri/ ekstrakurikuler.
6.
Mengoptimalkan
partispasi masyarakat/
Komite sekolah.
7.
Menumbuhkan
semangat keterpaduan antara sekolah dengan instansi terkait.
8.
Menciptakan
lingkungan sekolah yang bersih hijau dan sehat.
9.
Mengembangkan
Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran dan administrasi sekolah.
C.
Tujuan SMA Negeri 1 Sekaran
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan
pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SMA Negeri 1 Sekaran
Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur adalah sebagai berikut :
1.
Menciptakan
peserta didik yang cerdas dan terampil sehingga mampu bersaing dalam kehidupan
lingkungan akademis maupun lingkungan sosialnya
2. Mempersiapkan
peserta didik yang bertaqwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia
3.
Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang
berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non
akademik pada tingkat sekolah, lokal, nasional serta mempunyai wawasan
keunggulan dan keglobalan secara intensif
4.
Mempersiapkan
setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara
optimal.
5. Membekali
peserta didik agar memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi
serta mampu mengembangkan diri secara mandiri
6.
Membekali
peserta didik agar memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi
serta mampu mengembangkan kesenian dan kebudayaan bangsa diri secara mandiri
tanpa menanggalkan.
7. Membekali
peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan
melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
8.
Menanamkan
peserta didik budaya hidup bersih dan sehat serta ikut melestarikan dan menjaga
kekayaan alam.
9.
Menanamkan peserta didik sikap ulet dan gigih dalam
berkompetisi, beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan sikap
sportifitas.Menciptakan
lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu
pembelajaran.
10.
Meningkatkan
komitmen dan loyalitas seluruh pendidik dan tenaga kependidikan terhadap tugas
pokok dan fungsinya.
11.
Menumbuhkembangkan semangat keunggulan, kreativitas, inovasi,
dan kemandirian kepada seluruh warga sekolah dalam melaksanakan tugas.
12.
Melaksakanan
penataan sistem administrasi dalam rangka memberikan pelayaan prima terhadap
masyarakat termasuk warga sekolah serta berbasis teknologi informasi dan
komunikasi.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan yang bermutu merupakan tuntutan masyarakat
Indonenesia untuk menghasilkan sumber daya Manusia (SDM) bermutu yang mampu bersaing
secara local, regional maupun global. Upaya mewujudkan pendidikan yang bermutu
diperlukan strategi, langkah-langkah konkrit dan operasional yang dilakukan
secara berkelanjutan baik dalam bidang ketenagaan pendidik dan
kependidikan, sarana dan prasarana serta bidang keuangan dan pembiayaan
yang menjadi Bidang Garapan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum di SMA Negeri 1 Sekaran.
Pada lampiran Permen Diknas No. 19 Tahun 2007 tertangal 23
Mei 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan, Poin No. 6 dijelaskan bahwa :
- Sekolah
menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
- Dikembangkan
sesuai dengan kondisi sekolah termasuk pembagian tugas, mengatasi bila
terjadi kekurangan tenaga, menentukan sistem penghargaan dan mengembangkan
profesi bagi setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta menerapkan
secara professional, adil dan terbuka.
- Pengangkatan
pendidik dan tenaga kependidikan tambahan dilaksanakan berdasarkan
ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara sekolah.
Kemudian bidang Sarana prasarana sebagaimana Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 pasal 42 ayat 1 dinyatakan
bahwa setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana dan prasarana yang
memenuhi kriteria minimal yang meliputi anatara lain lahan, ruang
belajar, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata
usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, tempat
berolah raga, tempat beribadah, tempat berekreasi dan sumber belajar lain yang
diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran dan instalasi listrik yang
menunjang penggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta memenuhi rasio
minimum sesuai lampiran peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun
2007.
Bidang keuangan dan pembiayaan sesuai Permen Diknas No. 19
Tahun 2007 tertangal 23 Mei 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan, Poin
No. 8 dijelaskan bahwa :
- Sekolah menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi
dan operasional yang mengacu pada standar pembiayaan .
- Pedoman pengelolaan biaya investasi sekolah dan
operasional sekolah mengatur :
- Sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana yang
dikelola
- Penyusunan dan pencairan anggaran serta penggalangan
dana di luar dana investasi dan operasional
- Kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah dalam
membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya
- Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta
penggunaan anggaran sekolah untuk dilaporkan kepada komite sekolah serta
institusi di atasnya.
- Pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional
sekolah diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah
serta mendapat persetujuan oleh institusi di atasnya
- Pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional
sekolah disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah untuk menjamin
tercapainya pengelolaan dana secara transparan dan akuntabel.
Berpedoman pada Peraturan pemerintan (Permen Dikanas)
tersebut, Penyelenggaraan Pembelajaran di SMAN 1 Sekaran memerlukan strategi
dan langkah serta analisis yang konprehensif dan tepat guna dari 3
(tiga) asfek bidang garapan, profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan
yang handal, dukungan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dalam
jenis dan jumlah, baik yang diadakan oleh sekolah secara mandiri maupun melalui
pemanfaatan sarana pendidikan yang ada di lingkungan sekolah
(outsourcing) dan managemen pengeloaan kEuangan / pembiayaan investasi dan
operasional sesuai standar pengelolaan, Agar ketercapaian visi, misi dan tujuan
pendidikan tingkat satuan SMA Negeri 1 Sekaran terealisasi pemenuhannya.
Petunjuk teknis perencanaan (Progja) dan analisis standar
pengeloalan bidang tenaga pendidik dan kependidikan, bidang sarana prasarana
dan bidang keuangan dan pembiayaan ini mencoba memberikan suatu
alternatif pendekatan dan langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam rangka
pencapaian kegiatan pembelajaran sesuai Kurikulum Satuan Pendidikan di SMA Negeri
1 Sekaran tahun pelalajaran 2013/2014.
B. Tujuan
Tujuan penyusunan perencanaan dan analisis pengeloalaan
tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana serta
keuangan/pembelanjaan sekolah Satuan Pendidikan :
- Tersedianya sumberdaya manusia sebagai tenaga pendidik
dan kependidikan sesuai dengan standar pengelolaan (Peraturan Mendiknas
No. 19 Th. 2007)
- sarana pendidikan (perlengkapan) yang diperlukan untuk
menyelenggarakan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah (Peraturan
Mendiknas No. 24 Th. 2007)
- Tersedianya fasilitas dasar yang diperlukan untuk
menjalankan fungsi satuan pendidikan (Peraturan Mendiknas No. 24 Th. 2007)
- Tersedianya pedoman pengelolaan biaya investasi dan
operasional sekoalh sesuai dengan standar pengelolaan (Peraturan
Mendiknas No. 19 Th. 2007)
- Terciptanya aktivitas pembelajaran yang berlangsung
secara kondusif (efisien, efektif dan menghasilkan lulusan sesuai SKL)
C.
Landasan Hukum dan Operasional
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 ayat 17, pasal 35 ayat 1,2 dan
, pasal 45 ayat 1 dan 2
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 1 ayat 1, pasal 42, 43,
44, 45, 46, 47, 48
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun
2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun
2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
D. Sistematika
Sistematika Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang
Kurikulum, disusun sebagai berikut :
Halaman Visi, Misi dan Motto Sekolah, Kata Pengantar,
Daftara Isi, Bab I : Pendahuluan, Bab II. Evaluasi Program Tahun Pelajaran 2012/2013,
Bab III. Program Kerja Tahun 2013/2014, Bab IV. Program Skala Prioritas dan Bab
V. Penutup
BAB II
EVALUASI
PROGRAM TAHUN 2012/2013
Pada bagian Bab II (Evaluasi Program satu tahun telah berlangsung)
yang direncanakan dan dilaksanakan program kerja yang di sajikan
dalam 3 (tiga) Bagian sesuai dengan Tugas Pokok Wakil Kepala Sekolah Bidang
Kurikulum sebagai berikut :
- Bidang Garapan Ketenagaan / Sumber Daya Manusia
- Bidang Garapan Sarana dan Prasarana
- Bidang Garapan Pengelolaan Keuangan dan
Pembiayaan
A.
Bidang Garapan Ketenagaan / Sumber Daya Manusia
No.
|
Komponen
Program
|
Sasaran
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Prosentase
(%) Pencapaian Sasaran
|
Keterangan
|
1
|
Menganalisa Kebutuhan tenaga
pendidik dan kependidikan
|
Terpenuhinya kebutuhan guru, Tu
sesuai bidang keahlian
|
Juni 2012
|
100
|
Berlanjut
|
2
|
Pengembangan tenaga Kependidikan
melalui pelatihan
|
Guru memahami dalam melaksanakan
KTSP
|
September – Oktober
|
90
|
Berlanjut
|
3
|
Pengembangan tenaga kependidikan melalui
studi banding
|
Membuka wawasan guru untuk
tercipta nya lingkungan belajar yang kondusif
|
Awal Oktober
|
0
|
Belum
terlaksana
|
4
|
Memberikan reward kepada guru
berprestasi
|
Meningkatkan etos kerja guru
|
Akhir Tahun Pelajaran
|
70
|
Berlanjut
|
5
|
Mengadakan pengajian rutin
mingguan/bulanan
|
Mewujudkan tali silaturrahim dan
meningkatkan Imtaq
|
Setiap Minggi/Bulan
|
75
|
Dilanjutkan
|
6
|
Mengadakan Pertemuan rutin bulanan
dengan staft dan Wali kelas
|
Mewujudkan kondisi kerja yang
kondusif
|
Setiap awal bulan
|
90
|
Berlanjut
|
7
|
Mengadakan “family Gadring” tenaga
kependidikan
|
Mewujudkan nuansa kekeluargaan
antar keluarga tendik dengan sekolah
|
Awal
Juli
|
100
|
Dilanjutkan
|
B. Bidang Garapan Sarana dan
Prasarana
No.
|
Komponen
Program
|
Sasaran
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Prosentase
(%) Pencapaian Sasaran
|
Keterangan
|
1
|
Pemberdayaan sarana dan prasarana yang ada
|
Mewujudkan efisiensi penggunaan fasilitas
|
Pada hari-hari efektif
|
100
|
Berlanjut
|
2
|
Pemanfaatan fasilitas ruang belajar, Lab. Dan perpustakaan
|
Mewujudkan kenyamanan siswa belajar
|
Pada hari-hari efektif
|
100
|
Berlanjut
|
3
|
Pemeliharaan rutin sarana dan prasarana
|
Terpeliharanya kondisi fasilitas
|
Pada hari-hari efektif
|
70
|
Berlanjut
|
4
|
Penambahan alat Olahraga dan musik
|
Terlaksananya kegiatan ekskul sesuai program
|
Agustus
|
50
|
Berlanjut
|
5
|
Perbaikan Lapangan Basket
|
Mewujudkan Lap. Basket sesuai standar
|
September
|
0
|
Berlanjut
|
6
|
Pengadaan alat-alat Nasyid
|
Mewujudkan telenta seni religius siswa
|
Oktober
|
0
|
Berlanjut
|
7
|
Pengadaan perangkat multi media
|
Tersedianya alat multimedia untuk penunjang KBM
|
Oktoebr
|
85
|
Berlanjut
|
8
|
Penambahan 4 ruang belajar
|
Terpenuhinya ruang kelas sesuai rombel
|
Agustus – Desember
|
100
|
Berlanjut
|
9
|
Penambahan buku-buku di Perpustakaan
|
Terpenuhinya kebutuhan bacaan siswa
|
Januari
|
60
|
Berlanjut
|
10
|
Memberiakan Seragam kepada guru, Tu, Security dan tenaga
kebersiahan
|
Mewujudkan nuansa kekeluargaan dan kebersamaan
|
Awal Juli
|
100
|
Berlanjut
|
C.
Bidang Garapan Pengelolaan Keuangan dan Pembiayaan
No.
|
Komponen
Program
|
Sasaran
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Prosentase
(%) Pencapaian Sasaran
|
Keterangan
|
1
|
Menyusun buku pedoman pengelolaan biaya sesuai standar
pembiayaan
|
Tersedianya Rencana Aggaran Belanja Sekolah
Th.pembelajaran
|
Ahir Juni
|
100
|
Berlanjut
|
2
|
Mengelola/mengatur pemasukan dan pengeluaran jumlah dana
yang dikelola
|
Terciptanya Administarsi Keuangangan yang kondusif
|
Setiap Awal bulan
|
95
|
Berlanjut
|
3
|
Mentapkan biaya investasi dan operasional dengan komite
sekolah
|
Terciptanya kondisi keuangan / pembiayaan yang dinamis
|
Juni – Awal Juli
|
100
|
Berlanjut
|
4
|
Mensosialisasikan pedoman biaya investasi dan
operasional kepada seluruh warga sekolah
|
Terciptanya pengelolaan dana secara transparan dan
akuntabel
|
Awal Juli
|
100
|
Berlanjut
|
5
|
Menyusun Laporan pengelolaan dana investasi dan
operasional
|
Terciptanya pembukuan pengeloaan dana investasi dan
operasional
|
Akhir Juni
|
95
|
Berlanjut
|
BAB III
PROGRAM
KERJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami
kemajuan dengan pesat, sekolah sebagai sebuah lembaga formal bidang
pendidikan, merasa tertantang dan harus mampu meningkatkan
pelayanan pendidikan yang lebih baik terutama layanan yang mampu
memanfaatkan teknologi, peningkatan manajemen sekolah yang handal dan
professional yang berlangsung secara berkesinambungan. Untuk mencapai hal
tersebut harus dirumuskan rencana strategis program kerja sekolah yang terkait
dengan bidang pendidik dan tenaga kependidikan, bidang sarana prasarana dan
bidang pengelolaan keuangan / pembiayaan.
- A. Program Bidang
Pendidik dan tenaga kependidikan
Sasaran program bidang pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri
1 Sekaran tahun pelajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut :
- Pemenuhan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Pelaksanaan Program kegiatan sekolah sangat ditentukan oleh
sumber daya yang ada. Kuantitas tenaga pendidik saat ini berjumlah 47 orang dan
tenaga kependidikan 8 orang, tenaga laboran 1 orang, tenaga keamanan 1 orang
serta tenaga kebersihan 3 orang. Penambahan tenaga pendidik dan kependidikan
akan diadakan penambahan yang disesuaikan perkembangan jumlah rasio siswa.
Dengan penambahan tersebut diharapkan pelaksanaan program kegiatan sekolah
dapat berjalan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah
- Kualifikasi Akademik
Kualifikasi akademik tenaga pendidik minimal sarjana
/diploma IV dan tenaga administrasi minimal Diploma III sesuai dengan standar
kualifikasi peraturan yang ditetapkan sekolah
- Peningkatan Kemampuan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan
dapat dilakukan melalui kegiatan In House Training (IHT), seminar/workshop,
Studi lanjut, MGMP dan studi banding
- Sertifikasi Tenaga Pendidik
Sertifikasi guru saat ini sudah berjumlah 7 orang dan
ditargetkan pada tahun 2014 mencapai 70% jumlah guru yang sudah mengikuti
sertifikasi
- Perekrutan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Perekrutan tenaga pendidik dan kependidikan difokuskan
kepada a) kebutuhan setiap tahun; b) latar belakang dan tingkat pendidikan; c)
kompetensi sesuai dengan standar kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan
- Pemberian Penghargaan
Penghargaan diberikan kepada tenaga pendidik dan
kependidikan yang berkomitmen dan berdedikasi serta pengabdian kepada
sekolah dengan mempertimbangkan loyalitas, prestasi dan pendapat siswa.
- Pemberdayaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Peraturan perundang-undangan mengejawantahkan pendayagunaan
tenaga pendidik dan kependidikan dengan mempertimbangkan latar belakang
pendidikan, tingkat pendidikan, jumlah jam mengajar, dedikasi dan loyalitas
serta hasil supervise.
- Peningkatan Kesejahteraan
Upaya peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik dan
kependidikan diberikan dalam bentuk:
- Pengangkatan guru tetap sesuai dengan criteria yang
ditetapkan lembaga/yayasan
- Peningkatan gaji pokok sesuia dengan masa kerja
- Pemberian tunjangan jabatan
- Pemberian asuransi dan tunjangan hari tua
- Pelaksanaan tata tertib tenaga pendidik dan
kependidikan sesuai dengan sistem yang ditetapkan melalui monitoring,
evaluasi dan laporan berkala.
- Melakukan promosi jabatan baik secara internal maupun
eksternal dilingkungan lembaga
- Adanya pedoman kode etik tenaga pendidik dan
kependidikan
Identifikasi
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
NO.
|
KONDISI
SAAT INI
|
KONDISI
IDEAL
|
PROSENTASE
(%) HAMBATAN
|
1
|
Kualifikasi
akademik yang telah memenuhi standar baru 85 %
|
Kualifikasi
akademik harus sudah memenuhi standar 100%
|
15
|
2
|
Pembagian tugas sudah sesuai dengan bidang tugasnya 100%
|
Pembagian tugas sesuai dengan standar nasional pendidikan
|
0
|
3
|
Mutasi jabatan baru mencapai 12%
|
Mutasi jabatan diharapkan mencapai 50 %
|
38
|
4
|
Pengembangan profesi tenaga pendidik baru terlaksana 33%
|
Pengembangan profesi harus terlaksana 100%
|
67
|
- B. Program Bidang Sarana
Prasaran
Sasaran program bidang sarana dan prasarana SMA Negeri
1 Sekaran tahun pelajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut :
- Pemenuhan kebutuhan ruang kelas 18 ruang kelas
- Penambahan kipas angin / air conditioner (AC) setiap
ruang kelas
- Pemasangan AC di ruang kepala Sekolah, ruang guru,
ruang tata usaha, ruang perpustakaan dan ruang multi media
- Pemenuhan perangkat multi media setiap ruang belajar
- Penambahan sarana jamban/toilet sesuai rasio jumlah
siswa
- Penambahan sarana jajan (kantin) dan sarana bermain
siswa
- Penambahan sarana informasi siswa/Mading
- Penambahan LCD proyektor sebanyak 6 unit
- Penambahan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan
setiap mata pelajaran
- Pengembangan sistem informasi manajemen berbasis TIK
- Pengembangan jaringan Internet di area sekolah dengan
sistem jaringan local
- Penambahan alat-alat Laboratorium IPA, Laboratorium
Bahasa, Laboratorium IPS, Laboratorium Komputer, Studio music dan Studio
Radio
- Penambahan alat-alat olah raga (Basket, Futsal, Volley
dll)
- Perbaikan lapangan olah raga dan pembangunan ruang staf
- Melengkapi fasilitas ruang perpustakaan dan perangkat
pendukungnya
- Pengadaan mensin foto copy, mesin scanner pemeriksaan
hasil ulangan/ujian siswa dan penambahan mesin printer
- Pengadaan wireless portable
- Penambahan lemari dokumen untuk ruang staf, BP/BK dan
ruang secretariat OSIS
- Tersedianya pedoman pengelolaan sarana dan prasarana
- Melakukan inventarisasi barang dan ruang
Identifikasi
Sarana dan Prasarana
NO.
|
KONDISI
SAAT INI
|
KONDISI
IDEAL
|
PROSENTASE
(%) HAMBATAN
|
1
|
Jumlah laboratorium praktik baru tersedia 40% belum
memenuhi standar nasional pendidikan
|
Jumlah kebutuhan laboratorium 100% sesuai standar nasional
pendidikan
|
60
|
2
|
Media pembelajaran, bahan ajar, sumber belajar terdapat
rata-rata 70% belum memenuhi standar nasional pendidikan
|
Media pembelajaran, sumber belajar, bahan ajar 100% sesuai
standar nasional pendidikan
|
30
|
3
|
Pelaratan Praktik Lab.biologi, fisika dan kimia rata-rata
70% belum standar nasional pendidikan
|
Peralatan praktik Lab.biologi, fisika dan kimia terdapat
100% standar nasional pendidikan
|
30
|
4
|
Peralatan olah raga dan seni rata-rata 80%
|
Peralatan olah raga dan seni terdapat 100% standar
nasional pendidikan
|
20
|
C. Program Bidang Keuangan /
Pembiayaan
Sasaran program bidang keuangan / pembiayaan SMA Negeri
1 Sekaran tahun pelajaran 2013/2014 mengacu pada standar pembiayaan yang
memiliki 2 (dua) aspek yaitu; jenis dan sumber pembiayaan dan program
pembiayaan. Sekolah harus dapat mengalokasikan biaya pendidikan untuk biaya
investasi (penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan Sumber Daya Manusia
(SDM) dan modal kerja tetap) biaya operasional sekolah. Bahan atau peralatan
habis pakai, biaya operasional pendidikan tidak langsung dan biaya operasional.
Sekolah harus mampu mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan tersebit.
Adapun rumusan program keuangan / pembiayaan yang sesuai
dengan pedoman pengelolaan biaya investasi adalah sebagai berikut :
- Menyusun buku pedoman pengeloaan biaya sesuai standar
pembiayaan sehingga tersedianya rencana anggaran belanja operasional
sekolah pada awal tahun pelajaran
- Mengatur/mengelola pemasukan dan pengeluaran
jumlah dana yang dikelola secara kondusif sesuai dengan standar pembiayaan
- Menetapkan biaya investasi dan operasional sekolah
dengan komite sekolah dalam keterlaksanaan kondidi pembiayaan yang dinamis
- Menetapkan pembiayaan operasioanla berupa alat/barang
habis pakai
- Menetapkan pembiayaan operasional kegiatan pengembangan
diri baik tenaga pendidik, kependidikan dan peserta didik
- Menetapkan pembiayaan operasional kegiatan hari
besar agama dan hari besar nasional
- Menetapkan biaya operasiola kegiatan uji kompetensi
berbagai ivent-ivent ( olympiade dan kompetisis ) di dalam dan luar
lingkungan sekolah
- Mensosialisasikan pedoman biaya investasi
operasional kepada seluruh warga sekolah
- Menyusun laporan pengelolaan biaya investasi
operasional
Identifikasi
Pengeloaan Keuangan/penbiayaan
NO.
|
KONDISI
SAAT INI
|
KONDISI
IDEAL
|
PROSENTASE
(%) HAMBATAN
|
1
|
Pembiayaan investasi operasional 77% sudah di atas standar
nasional pendidikan
|
Pembiayaan di atas standar nasional pendidikan 80% yaitu
Rp 200.000 per bulan
|
3
|
2
|
Biaya investasi personal dan operasional masih rendah
yakni 60%
|
Biaya investasi personal dan operasional memenuhi target
sekolah yaitu 80%
|
20
|
3
|
Perhatian masyarakat dan orang tua siswaterhadap biaya
pendidikan rata-rata 60% perbulan
|
Perhatian masyarakan dan orang tua siswa terhadap biaya
pendidikan 100% per bulan
|
40
|
BAB IV
MATRIK
SKALA PRIORITAS PROGRAM
- A. Proyeksi Kebutuhan
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
- 1. Guru Mata
Pelajaran
No.
|
Mata
Pelajaran
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
2015/2016
|
1
|
Pendidikan
Agama
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
PKn
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
Bahasa
Inggris
|
3
|
4
|
4
|
4
|
5
|
PJORK
|
2
|
2
|
2
|
2
|
6
|
Matematika
|
3
|
4
|
4
|
4
|
7
|
Seni
Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
Kimia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9
|
Fisika
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
Biologi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11
|
Ekonomi
|
1
|
2
|
2
|
2
|
12
|
Geografi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13
|
Sosiologi
|
1
|
2
|
2
|
2
|
14
|
Sejarah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
15
|
TIK
|
2
|
2
|
2
|
2
|
16
|
Bahasa
Sunda
|
2
|
2
|
2
|
2
|
17
|
PLH
|
1
|
2
|
2
|
2
|
18
|
Bahasa
asing
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
JUMLAH
|
33
|
40
|
40
|
40
|
- 2. Tenaga Tata
Usaha dan Tenaga Khusus
No.
|
Uraian
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
2015/2016
|
1
|
Tata Usaha
|
4
|
5
|
6
|
6
|
2
|
Pesuruh
|
6
|
6
|
6
|
6
|
3
|
Satpam
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Laboran
|
1
|
1
|
3
|
3
|
5
|
Perpustakaan
|
2
|
2
|
4
|
4
|
|
JUMLAH
|
16
|
18
|
23
|
23
|
- B. Proyeksi Kebutuhan
Sarana dan Prasarana
- 1. Gedung dan Ruang
No.
|
Uraian
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
2015/2016
|
1
|
Ruang
Kelas
|
16
|
18
|
20
|
22
|
2
|
Ruang
Lab. Biologi
|
1
|
1
|
1
|
1
|
3
|
Ruang
Lab. Fisika
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
Ruang
Lab. Kimia
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
Ruang
Lab. Bahasa
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
Ruang
Lab. Komputer
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
Ruang
Lab. IPS
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
Ruang
Lab.Pend. Agama
|
0
|
0
|
0
|
0
|
9
|
Ruang
Multi Media
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
Ruang
Perpustakaan
|
1
|
1
|
1
|
1
|
11
|
Ruang
Peraga Keterampilan
|
0
|
0
|
0
|
0
|
12
|
Ruang
Serba guna
|
1
|
1
|
1
|
1
|
13
|
Ruang
Studio Radio
|
1
|
1
|
1
|
1
|
14
|
Ruang
Studio Musik
|
1
|
1
|
1
|
1
|
15
|
Ruang
UKS
|
1
|
1
|
1
|
1
|
16
|
Ruang
OSIS
|
1
|
1
|
1
|
1
|
17
|
Ruang
Rohis
|
1
|
1
|
1
|
1
|
18
|
Ruang
PMR
|
0
|
0
|
0
|
0
|
19
|
Ruang
Alat Olah Raga
|
1
|
1
|
1
|
1
|
20
|
Ruang
Koperasi Guru
|
1
|
1
|
1
|
1
|
21
|
Ruang
BP / BK
|
1
|
1
|
1
|
1
|
22
|
Ruang
Kepsek
|
1
|
1
|
1
|
1
|
23
|
Ruang
Guru
|
1
|
1
|
1
|
1
|
24
|
Ruang
Tata Usaha
|
1
|
1
|
1
|
1
|
25
|
Ruang
Ibadah/Masjid
|
1
|
1
|
1
|
1
|
26
|
Ruang
Sanggar MGMP
|
1
|
1
|
1
|
1
|
27
|
Ruang
Gudang
|
1
|
1
|
1
|
1
|
28
|
Ruang
Jamban/Toilet Siswa
|
6
|
6
|
6
|
10
|
29
|
Ruang
Jamban/Toilet Guru
|
2
|
2
|
2
|
2
|
30
|
Ruang
Reproduksi
|
1
|
1
|
1
|
1
|
31
|
Ruang
Bahan Kimia
|
1
|
1
|
1
|
1
|
32
|
Ruang
Koperasi siswa
|
1
|
1
|
1
|
1
|
33
|
Ruang
Ganti Pakaian
|
0
|
0
|
0
|
0
|
34
|
Ruang
Koperasi Guru
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2.
Sarana dan Prasarana
No.
|
Uraian
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
2015/2016
|
1
|
Komputer Ruang Laboratorium
|
36
|
40
|
40
|
40
|
2
|
Komputer tata usaha
|
4
|
4
|
5
|
5
|
3
|
Komputer Ruang Kepsek
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
Komputer Ruang Staf
|
1
|
1
|
2
|
2
|
5
|
Komputer Ruang guru
|
1
|
1
|
3
|
4
|
6
|
Komputer Ruang OSIS
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
Kompueter Ruang Lab. Biologi
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
Komputer Ruang Lab. Fisika
|
1
|
1
|
1
|
1
|
9
|
Komputer Ruang Lab Kimia
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
Komputer Ruang Studio Radio
|
1
|
1
|
1
|
1
|
11
|
Mesin Pembersih Ac
|
1
|
1
|
1
|
1
|
12
|
Handy Camp
|
1
|
1
|
1
|
1
|
13
|
Camera digital
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14
|
Stand Camera
|
1
|
1
|
1
|
1
|
15
|
Wireless
|
1
|
1
|
1
|
1
|
16
|
Microfon
|
4
|
5
|
6
|
8
|
17
|
Stand Microfon
|
4
|
4
|
4
|
6
|
18
|
Megafon
|
1
|
1
|
1
|
1
|
19
|
Kipas Angin
|
12
|
14
|
14
|
14
|
20
|
AC Ruang Kelas
|
6
|
6
|
18
|
18
|
21
|
AC Ruang Guru
|
1
|
1
|
2
|
2
|
22
|
AC Ruang Kepsek
|
1
|
1
|
2
|
2
|
23
|
AC Ruang Staf
|
1
|
1
|
2
|
2
|
24
|
AC Ruang tata usaha
|
1
|
1
|
2
|
2
|
25
|
AC Ruang Lab. Komputer
|
4
|
4
|
4
|
4
|
26
|
AC Ruang Lab. Biologi
|
1
|
1
|
2
|
2
|
27
|
AC Ruang Lab. Fisika
|
1
|
1
|
2
|
2
|
28
|
AC Ruang Lab. Kimia
|
1
|
1
|
2
|
2
|
29
|
AC Ruang Lab. Bahasa
|
1
|
1
|
2
|
2
|
30
|
AC Ruang Studio Musik
|
2
|
2
|
2
|
2
|
31
|
AC Ruang Studio Radio
|
1
|
1
|
2
|
2
|
32
|
AC Ruang Multi Media
|
1
|
1
|
2
|
2
|
33
|
Televisi
|
4
|
4
|
6
|
6
|
34
|
Gitar elektrik
|
4
|
4
|
4
|
6
|
35
|
Organ
|
1
|
1
|
1
|
2
|
36
|
Dram
|
1
|
1
|
1
|
1
|
37
|
Sound sistem
|
1
|
1
|
1
|
1
|
38
|
Dispenser
|
4
|
6
|
6
|
6
|
39
|
Faximile
|
1
|
1
|
1
|
1
|
40
|
Lemari besi data
|
4
|
5
|
6
|
8
|
41
|
Lemari data kayu
|
6
|
8
|
10
|
10
|
42
|
Loker guru
|
8
|
8
|
8
|
8
|
43
|
Filing cabinet
|
2
|
2
|
4
|
4
|
44
|
Stabilizer
|
8
|
12
|
14
|
14
|
45
|
Alat Praga biologi
|
1
|
1
|
1
|
1
|
46
|
Alat praga Fisika
|
1
|
1
|
1
|
1
|
47
|
Alat praga Kimia
|
1
|
1
|
1
|
1
|
48
|
Alat peraga Matematika
|
1
|
1
|
1
|
1
|
49
|
Peta Indonesia dan Dunia
|
2
|
9
|
9
|
9
|
50
|
Bendera merah putih
|
1
|
1
|
1
|
1
|
51
|
Bendera Diknas
|
1
|
1
|
1
|
1
|
52
|
Lambang Garuda
|
1
|
1
|
1
|
1
|
53
|
Mesin Air
|
1
|
1
|
1
|
1
|
54
|
Pesawat Telpon
|
1
|
1
|
1
|
1
|
55
|
Jaringan internet
|
1
|
1
|
1
|
1
|
56
|
Scanner
|
1
|
1
|
1
|
1
|
57
|
Meja tamu ruang BP/Bk
|
1
|
1
|
1
|
1
|
58
|
Meja tamu Ruang Kepsek
|
1
|
1
|
1
|
1
|
59
|
Meja tamu ruang staf
|
1
|
1
|
1
|
1
|
60
|
Pergantian meja dan kursi siswa
|
10
|
15
|
20
|
20
|
61
|
Meja baca perpustakaan
|
4
|
6
|
8
|
8
|
62
|
Bola basket
|
8
|
10
|
16
|
16
|
63
|
Bala Futsal
|
10
|
12
|
14
|
14
|
64
|
Bola Volley
|
4
|
6
|
8
|
8
|
65
|
Bola Pingpong
|
1
|
1
|
1
|
1
|
66
|
Raket Badminton
|
4
|
4
|
4
|
4
|
67
|
Kaos team Basket
|
2
|
3
|
4
|
4
|
68
|
Kaos team Futsal
|
2
|
3
|
4
|
4
|
69
|
Kaos team Volley
|
2
|
2
|
4
|
4
|
70
|
Kaos Team Guru
|
1
|
1
|
1
|
1
|
71
|
Seragam Paskibra
|
1
|
1
|
1
|
1
|
72
|
Matras
|
1
|
1
|
2
|
2
|
73
|
Lembing
|
6
|
6
|
6
|
6
|
74
|
Tolak peluru
|
6
|
6
|
6
|
10
|
75
|
Cakram
|
6
|
6
|
6
|
10
|
76
|
Cd PemProyektorbelajaran
|
1
|
1
|
1
|
1
|
77
|
Mesin Foto Copy
|
1
|
1
|
1
|
1
|
78
|
Printer
|
6
|
8
|
8
|
8
|
79
|
Tiang Umbul umbul
|
1
|
1
|
1
|
1
|
80
|
Layar Proyektor
|
1
|
1
|
1
|
2
|
- C.
Proyeksi Pengelolaan Keuangan pembiayaan
No.
|
Uraian
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
2015/2016
|
1
|
Pengembangan pembiayaan standar nasional 80 %
|
77
%
|
78
%
|
80
%
|
80
%
|
2
|
Biaya investasi, personal dan operasional mencapai 80 %
|
60
%
|
70
%
|
80
%
|
80
%
|
3
|
Upaya perhatian masyarakat dan orang tua siswa terhadap
biaya pendidikan mencapai 100 %
|
60
%
|
70
%
|
80
%
|
80
%
|
4
|
Menjalin mitra kerja melalui Komite Sekolah untuk menggali
sumber-sumber dana mencapai 50 %
|
0,5
%
|
10
%
|
25
%
|
50
%
|
5
|
Menjalin kerjasama dengan dunia usaha/industri untuk
menggali sumber-sumber dana mencapai 50 %
|
10
%
|
25
%
|
50
%
|
50
%
|
6
|
Melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan ekonomi
sebesar 25 %
|
10
%
|
15
%
|
20
%
|
25
%
|
7
|
Upaya bantuan dana dari instansi pemerintah (Diknas) pusat
dan daerah dan instansi swasta yang peduli pendidikan mencapai 50 %
|
10
%
|
20
%
|
30
%
|
50
%
|
BAB V
PENUTUP
Program perencanaan pengembangan yang strategis bidang
pendidik dan tenaga pendidik, sarana prasaran dan pengelolaan biaya/keuangan
yang disusun dalam bentuk yang sederhana ini dapat dijadikan sebuah ‘konsep
pemetaan’ bagi pengembangan sekolah SMA Negeri 1 Sekaran. Dalam upaya
merealisasikan program strategi ini dibutuhkan kebersamaan, saling sinergis
antar komponen yakni pengelola sekolah, orang tua siswa / masyarakat, komite
sekolah dan pemerintah untuk mencapai tujuan akhir bersama yakni peningkatan
mutu pendidikan.
Upaya peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan secara
konprehensif pada berbagi asfek yang bersentuhan langsung dengan pendidikan.
Diantara asfek tersebut adalah :
- Peningkatan pelayanan pendidikan pembelajaran yang
barbasis ilmu pengetahuan dan tekhnologi
- Profesionalitas layanan manajemen sekolah yang handal
dan berkesinambungan
- Terpenuhinya sarana prasana pendidikan baik intra dan
ekstra structural menurut ukuran standar nasional pendidikan
- Profesionalitas dalam pengelolaan manajemen pembiayaan
dan keuangang pendidikan
Berbagai respons positif yang dapat membangun ‘konsep
pemetaan’ strategi pengembangan pendidikan yang strategis, baik aplikasi dari
pemikiran dan penbiayaan pendidikan dari berbagai pihak dan unsur-unsur
masyarakat yang masih peduli dan konsisten terhadam masa depan anak
negeri tercinta yang masih butuh pendidikan.
Ahirnya hanya kata harapan dan permohonan yang dapat
ditampilkan dalam program pengembangan strategis pendidikan yang sederhana ini,
dikembalikan kepada Allah Swt sebagai Dzat yang maha kuasa member
petunjuk, kekuatan dan pertolongan dari-Nya, agar dapat
melaksanakan amanah mencerdaskan kehidupan bangsa secara maksimal di SMA Negeri
Sekaran
CATATAN
:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Izin copas
BalasHapus